Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Proyek Pembangunan Gapura TK Negeri Pembina I Dawar Balndong Di diduga Dikerjakan Secara Asal.

Selasa, 06 Agustus 2024 | Agustus 06, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-20T09:26:10Z


Pewarna Publik-Mojokerto, Diduga proyek terkesan Siluman  papan proyek Pembangunan Gapura TK Negeri Pembina I Dawar di sembunyikan di belakang sekolah disandarkan di dinding tanpa dipasang ditempat semestinya diduga menghindari sorotan publik.

Pasalnya, proyek gedung dengan anggaran , Rp. 358.540.000 , pekerjaan pagar dan gapura dikerjakan mulai 5 juli 2024 sampai 4 november 2024.  lokasi pekerjaan desa brayublandong kecamatan, Dawarbalndong, Kabupaten Mojokerto APBD Kabupaten Mojokerto 2024. dikerjakan oleh CV. LUTFI BANGUN PERSADA Perum. Villa Jasmine 2 Blok F-33, Sidoarjo - Sidoarjo (Kab.) - Jawa Timur.

Hal tersebut  dengan tidak memasang memasang plang papan proyek dilokasi pekerjaan kontruksi dan tidak menujukan transparansi informasi keterbukaan publik, tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, diduga terdapat sejumlah penyimpangan dalam pekerjaan. (senin, 5 agustus 2024).


Oleh sebab itu, proyek Pembangunan Gapura TK Negeri Pembina I Dawar Balndong Kabupaten Mojokerto terkesan  proyek Siluman, Dengan Pengerjaan proyek terkesan kontraktor  mengelabui keterbukaan informasi publik kepada masyarakat terkait proyek tersebut.

Pelaksanaan pekerjaan proyek di lapangan  dikerjakan secara Asal terkesan asal jadi. mulai dari ke tidak rapian dalam mengerjakan lantai kerja menggunakan Cor beton  hingga pasangan  material material batu sebagai pondasi yang diduga tak sesuai juknis. penggunaan material yang tidak semestinya.

dari hasil temuan di lapangan terlihat pengecoran banyak yang berongga yang dikerjakan tak sesuai spesifikasi teknis dan batu pondasi sebagi penahan tanah dikerjakan tak sesuai juknis diduga tak memahami metode pekerjaan konstruksi sipil.


Tidak hanya itu,  diduga adukan semen dan pasir diolah secara manual tanpa menggunakan Mixer (Molen), dan dinding beton banyak yang berongga, terlihat banyak pekerjaan proyek tak sesuai Juknis, melihat kondisi itu fakta di lapangan LSM Anti Korupsi,

Sebut saja Bejo mengatakan "banyak kejanggalan dalam pekerjaan, kecurangan yang diduga dilakukan oleh kontraktor akibat buntut lemahnya pada pengawasan, kuwalitas pekerjaan sangat diragukan dan patut dipertanyakan kinerjanya." Pungkas Bejo.

Bejo mengumpulkan data terkait proyek  proyek Pembangunan Gapura TK Negeri Pembina I Dawar Balndong proyek dari Dinas pendidikan kabupaten Mojokerto untuk dijadikan pelaporan  pengaduan Masyarakat.

Lemahnya pengawasan dari dinas hingga ada kelalaian dalam pekerjaan, dan sampai berita ini ditayangkan pihak dinas dan Kontraktor belum bisa di konfirmasi.

 (Tim investigasi).

×
Berita Terbaru Update