Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Proyek Peningkatan jalan Sidorejo-Barengkrajan disorot LSM.

Jumat, 04 November 2022 | November 04, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-17T20:33:28Z

 

Rekampublik/Sidoarjo,Proyek berlokasi di desa sidorejo- Barengkrajan Kecamatan Krian. Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, merupakan proyek dari satuan kerja Dinas PUBM SDA.

Proyek peningkatan jalan yang dikerjakan oleh CV INDAH HARUM CONST Yg Ber alamat Jl.Bali No 30 Kampung Baru,Pasar Kliwon ,Surakarta-Surakarta(Kota)-Jawa Tengah tersebut senilai Rp. 12.445.214.540.93 Milyar. (5/11/2022).

Pantauan Tim media di lokasi proyek ada beberapa item pekerjaan yang diduga kuat dikerjakaan tidak sesuai juknis, sontak menjadi perhatian. LSM GMICAK ( Generasi Muda Indonesia Cerdas Anti KOrupsi) sebut saja Bejo, Kepala divisi Investigasi Jatim mencurigai banyak kejanggalan dalam pekerjaan proyek tersebut.

Para pekerja proyek tak menggunakan perlengkapan k3

jarak antar begel terpantau lebih dari 15 sentimeter.Yang mana jika jarak terlalu lebar akan berpengaruh terhadap kekuatan otot pada beton, memperlebar jarak begel kualitas juga akan berkurang .dan tentunya jumlah begel ikut berkurang sebagaimana jumlah semestinya.

“Saya menduga banyak kesalahan yang di lakukan dalam pekerjaan pembangunan proyek sidorejo-barengkrajan banyak yang tak mengikuti petunjuk teknis kerja,” kata Bejo.

ada beberapa bagian pekerjaan yang tidak memakai pondasi dasar sungai yang menyebabkan pasangan batu dipasang menggantung,Dengan kondisi ini bangunan tidak bisa bertahan lama dan cepat rusak.

Uditch Tidak Ada Label “SNI” di lokasi pekerjaan, ini diragukan kualitas Uditch yang sudah dikerjakan

Ada bekas tanah galian di urukkan kembali ke badan jalan dan seharusnya diurug Sirtu Tembok penahan tanah dikerjakan tidak sesuai juknis mengurangi volume pada bagian dalam tanah dalam pemasangan batu jarak pemasangan terlalu sempit hingga resiko penahan tanah akan berakibat roboh

dan Apa yang dilakukan Pengawas yang berada dilapangan  sehinggah pekerjaan dan material banyak yang tidak sesuai. dalam pelaksanaan kerja diduga  tidak sesuai juknis, Dalam hal ini upaya apa yang akan dilakukan dinas terkait pekerjaan proyek sidorejo-barengkrajan karena proyek ini merupakan proyek dari satuan kerja Dinas PUBM SDA. .

Awak Media mencoba meminta tanggapan LSM terkait hal ini,Bejo tidak memberikan komentar panjang terkait hal ini.

“kami sudah siapkan draf Dumas untuk permasalahan ini,” tutup Bejo.(tim)

×
Berita Terbaru Update